Minggu, 10 Juni 2012

Cara Memainkan Alat Musik Kolintang

Setiap alat memiliki nama yang lazim dikenal. Selain dikenal sebagai sebutan Tong Ting Tang (sebutan dari para rakyat dahulu kala) setiap alat dari Kolintang ini juga memiliki nama tersendiri yang berjumlah sembilan buah.

  • Melodi 1 (Ina Esa)
  • Melodi 2 (Ina Rua)
  • Juke (Katelu)
  • Ukulele/Benjo 1 (Uner Esa)
  • Ukulele/Benjo 2 (Uner Rua)
  • Gitar 1 (Karua Esa)
  • Gitar 2 (Karua Rua)
  • Cello (Sella)
  • Bass (Loway)
1. Melodi
Melodi dimainkan dengan menggunakan 2 pemukul. Karna nadanya tidak terlalu panjang, maka pemain harus memukul atau menggertarkan pukulannya dengan panjang sehingga nada yang keluarpun panjang. Fungsi pembawa lagu dapat disamakan dengan meldoi, gitar, biola, xylophone atau vibraphone. Hanya saja suaranya tidak terlalu panjang. Jika ada 2 melodi, yaitu melodi 1 dan melodi dua maka kombinasinya sama dengan orang bernyanyi duet. Jika dimainkan bersama, maka dapat mengimbangi pengiring (terutama untuk set lengkap) atau bisa juga memainkan nada yang sama, namun berbeda oktaf, atau bisa juga melodi yang satu memainkan pokok lagu, dan melodi yang lainnya memainkan improvisasi.
2. Juke
Berperan sebagi juke pada oker keroncong. Juke dimainkan dengan menggunakan tiga pemukul. Satu pemukul di tangan kiri dan dua pemukul di tangan kanan. Cara memegangnya agak sedikit sulit. Pemukul ditangan kiri dipegang seperti memegang pemukul biasa, namun dua pemukul dibagian kanan harus sesuai dengan jari-jari pemain. Pemukul yang satunya dipegang atau dijepit diantara jari jempol dan jari telunjuk, dan bisa juga ditahan oleh jari tengah agar pemukul tidak lepas, dan pemukul yang satunya lagi dipegang atau dijepit diantara jari manis dan jari kelingking. Namun, pemain harus benar-benar kuat dalam memegang pemukul sehingga pemukul tersebut tidak lepas dari tangannya. Juke dipukul berdasarkan akor. Akor-akor itu sendiri sama seperi pada piano. Susunan Juke sama seperti pengiring lainnya, hanya saja suara yang dihasilkan oleh juke lebih melengking, hampir sama dengan suara yang dihasilkan melodi, sehingga memukulnya tidak boleh terlalu kuat sehingga tidak terlalu mencolok.
3.Benjo
Alat yang satu ini memiliki peran yang tidak berbeda jauh dengan juke. Pemukulnya juga harus tiga, namun cara memukulnya berbeda. Benjo dipukul lebih banyak daripada memukul Juke. Satu kali berbunyi, rata-rata benjo mengeluarkan 5-10 pukulan. Pukulannya sendiri tergantung tempo dan jenis lagu yang digunakan. Urutan dan susunan baloknya sama persis dengan Juke, hanya saja sedikit lebih besar.
4. Gitar
Tidak berbeda jauh dengan pengiring lainnya yaitu juke dan benjo, Gitar juga memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pengiring. Pemukulnya berjumlah tiga pemukul. Namun yang berbeda dari gitar adalah cara memukul, bunyi dan ukurannya. Cara memukul gitar lebih sedikit pukulannya dengan benjo. Karena suaranya sudah mendekati suara cello, oktafnya lebih rendah daripada benjo. Ukurannya pun sedikit lebih besar daripada Benjo.
5.Bass
Bass memiliki ukuran yang paling besar. Balok-baloknya pun jauh lebih besar daripada ukuran balok pengiring (juke,benjo,gitar). Bass hanya dimainkan dengan menggunakan dua pemukul. Cara memukulnya berbeda dengan memukul pengiring. Bass hanya dimainkan dengan cara memukul satu persatu balok, tidak seperti pengiring yang memukul tiga balok sekaligus. Bass juga hanya dimainkan dengan memukul salah satu nada dari akor yang ada.

Berikut adalah beberapa akor yang sering digunakan pengiring dalam memainkan sebuah lagu:
C (5 1 3)
G (5 2 7)
F (6 1 4)
D (6 2is 4)
E (5 3 7)
A (6 1 3)
B (7 2 4)



(cla/rans)

0 komentar:

Poskan Komentar